✔ Balasan Dari Bacaan Konvensi Hak-Hak Anak Buku Siswa Kelas V Tema 6

- Jawaban Dari Pertanyaan Pada Bacaan Konvensi Hak-Hak Anak Buku Siswa Kelas V Tema 6, Sub Tema 1 , Pembelajaran Ke 3. Pada Bahasan Kali ini, gurune hanya akan menyampaian satu buah bacaan yang ada pada buku siswa dengan judul " Konvensi Hak - Hak Anak ", lalu kita coba bahas soal yang ada pada halaman 33 yang terkait dengan bacaan " Konvensi Hak - Hak Anak ". Berikut bacaan yang ada pada buku siswa.

Jawaban Dari Pertanyaan Pada Bacaan Konvensi Hak ✔ Jawaban Dari Bacaan Konvensi Hak-Hak Anak Buku Siswa Kelas V Tema 6

Konvensi Hak-Hak Anak

Anak-anak merupakan generasi penerus harapan usaha sebuah bangsa. Oleh karenanya, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus diutamakan. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam mewujudkan harapannya.  Banyak di antara mereka yang mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan mendapat pendidikan yang terbaik.  Banyak anak berasal dari keluarga yang kurang bisa yang tidak mendapat layanan pendidikan dan kesehatan.

Tak hanya itu, akhir perang dan pertikaian yang terjadi di beberapa negara mengakibatkan banyak anak yang menjadi korban. Hak-hak mereka terabaikan sehingga menjadi korban kekerasan. Oleh karenanya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini bertujuan untuk menawarkan santunan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi menawarkan hak-hak kepada belum dewasa sedunia.  Dokumen ini juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukungnya pada tahun 1996. 

Apa saja hak-hak anak berdasarkan Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu: 

1. Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kau tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kau tahu asal undangan kedua orang tuamu? Apakah kau tahu asal undangan keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya.  

2. Hak Perlindungan, santunan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu mempunyai hak yang sama dengan belum dewasa lain untuk melaksanakan acara keagamaanmu, atau melaksanakan acara perayaan tradisimu.  Sebagai seorang anak kau belum boleh bekerja, dan kau berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan.  

3. Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu mempunyai hak untuk sekolah, mendapat daerah tinggal, mendapat masakan dan minuman yang layak. Hakmu yakni bermain dan mendapat istirahat yang cukup, alasannya yakni hal itu diharapkan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.  

4. Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapat warta yang sesuai dengan usiamu.  Kamu juga berhak untuk menawarkan pendapat jikalau itu berafiliasi dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.  

Sumber : Stand Up, Speak Out.  A Book about Children’s Rights. 2002

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah acara berikut! 


1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kau pahami. Cari tahu makna kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
Jawab -->

Konvensi yakni Suatu hukum yang disepakati secara umum

ratifikasi yakni Pengesahan suatu dokumen

identitas adalah ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang

diskriminasi yakni Perilaku,sikap maupun tindakan yang tidak adil dari seseorang atau individu atau kelompok terhadap individu maupun kelompok lain.

eksploitasi yakni memanfaatkan orang hanya untuk kepentingan diri sendiri.

fisik yakni wujud yang sanggup dilihat oleh kasat mata

mental yakni Sesuatu yang bersangkutan dengan batin dan tabiat manusia, yang bukan bersifat tubuh atau tenaga

spiritual yakni Kecerdasan jiwa

moral yakni ajaran baik dan jelek suatu sikap / perbuatan

Hak adalah segala sesuatu yang harus di dapatkan oleh setiap orang 

Partisipasi yakni keikut sertaan atau ikut berperan

2. Buatlah daftar hak anak yang kau dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah hak-hak tersebut di bawah ini!
  • Hak Kelangsungan Hidup, 
  • Hak Perlindungan, 
  • Hak Tumbuh Kembang, 
  • Hak Berpartisipasi.
3. Dari daftar yang kau buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kau dapatkan dengan menciptakan tanda centang.

  • Hak Kelangsungan Hidup --- >> (✓)
  • Hak Perlindungan --- >> (✓)
  • Hak Tumbuh Kembang --- >> (✓)
  • Hak Berpartisipasi --- >> (✓)
4. Bagaimana kau mendapat hak-hak tersebut?

Hak Kelangsungan Hidup saya peroleh dari ke dua orangtuaku yang mau merawat dan membesarkanku dengan penuh kasih sayang.

Hak Perlindungan saya dapatkan dari kedua orangtua saya, dan orang - orang disekitar saya dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.

Hak Tumbuh Kembang saya dapatkan dari kedua orangtua yang mau menyekolahkanku, menawarkan daerah tinggal layak untuk saya dan keluargaku yang lain, serta memberi kebebasan untuk bermain.

Hak Berpartisipasi yang saya peroleh yaitu kedua orangtuaku memperbolehkanku untuk beropini dan undangan terhadap sesuatu yang saya pikirkan atau inginkan.

Itulah pembahasan dan tanggapan Dari Pertanyaan Pada Bacaan Konvensi Hak-Hak Anak Buku Siswa Kelas V Tema 6, Sub Tema 1 , Pembelajaran Ke 3. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "✔ Balasan Dari Bacaan Konvensi Hak-Hak Anak Buku Siswa Kelas V Tema 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel