✔ Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran, Ini Contohnya

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat bermanfaat dalam menunjang proses pembelajaran.  TIK sanggup dipakai sebagai media, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan sanggup meningkatkan motivasi, proses, dan hasil berguru siswa. TIK yang sanggup dimanfaatkan, contohnya melihat tayangan bahan (Powerpoint) melalui laptop dan LCD Proyektor, mencetak laporan hasil diskusi melalui printer, menciptakan video hasil observasi dengan kamera atau kamera HP, mencari sumber berguru melalui internet dan lain sebagainya.

Kementerin Pendidikan dan kebudayaan telah membuatkan pembelajaran abad-21 berbasis TIK, yaitu dengan menciptakan Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id). Konten-konten dalam rumah berguru sanggup dimanfaatkan dalam pembelajaran, menyerupai sumber belajar, peta budaya, bank soal, BSE, Laboratorium maya, Wahana jelajah angkasa, kelas maya, bahkan Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Guru.

Baca Juga: Pemanfaatan Hotspot Portable dalam pembelajaran

Salah satu acara pengembangan keprofesian guru yaitu pemilihan Duta Rumah Belajar 2018. Kegiatannya dilaksankan dalam beberapa level. Level 1 dan 2 dilakukan secara daring, sedangkan level 3 dan 4 secara laring. Level 1, akseptor mempelajari modul yang telah diberikan, kemudian mengikuti post tes. Jika lulus, maka berhak mengikuti level 2. Pada level 2, akseptor menerima kiprah untuk menciptakan RPP yang terintegrasi TIK dengan memanfaatkan konten rumah belajar. RPPnya kemudian diaplikasikan di kelas dan dibuatkan video pembelajarannya.

Contoh RPP dan media Powerpoint-nya sanggup di unduh pada link berikut:
RPP Kelas 4 Tema 7 Sub 3 Pemb. 3 (unduh)
Media PP Kelas 4 Tema 7 Sub 3 Pemb. 3 (unduh)

Berikut yaitu rujukan video pembelajaran berbasis TIK dengan rumah belajar.


Belum ada Komentar untuk "✔ Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran, Ini Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel