✔ Bagi Guru Madya Iv/C Naik Pangkat Ke Iv/D Wajib Melakukan Ini

Menurut Ketentuan Pasal 17, Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, jumlah minimum angka kredit untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan ialah sebagai berikut.

Tabel Jumlah Angka Kredit dan Persyaratan Naik Pangkat guru
Bagi Guru Madya IV/c, apabila ingin naik pangkat ke IV/d maka wajib melaksanakan persentasi ilmiah. Adapun ketentuannya, sebagai berikut.
1. Guru tersebut telah mempunyai 5 (lima) angka kredit dari subunsur pengembangan diri dan 14 (empat belas) angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif.
2. Presentasi ilmiah dilakukan secara terbuka di hadapan Tim Penilai Tingkat Pusat, akademisi, dan pejabat terkait setempat yang waktu dan pelaksanaannya diatur oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, yang sanggup dilaksanakan di instansi Pusat, Provinsi, LPMP atau kawasan lain yang memenuhi syarat. Waktu presentasi akan ditetapkan oleh tim penilai, diubahsuaikan dengan jumlah dan lokasi guru yang akan presentasi.
3. Guru yang akan melaksanakan presentasi wajib menciptakan ringkasan dari masing-masing publikasi ilmiah/karya inovatif unggulan yang menjelaskan secara ringkas yang terkait dengan perolehan persyaratan 5 (lima) angka kredit dari subunsur pengembangan diri dan 14 (empat belas) angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif.
4. Uraian acara publikasi dan/atau karya inovatif yang telah dilakukan, mencakup macam publikasi dan/atau karya inovatif dan ringkasan klarifikasi hasil publikasi dan/atau karya inovatif.
5. Berdasarkan hasil presentasi yang telah dilakukan, tim penilai memutuskan kelayakan yang bersangkutan untuk naik jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c menjadi Guru Utama golongan ruang IV/d. Apabila hasil pertimbangan belum dianggap layak, yang bersangkutan diwajibkan memperbaiki publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif dan mengulang presentasinya.

Ternyata untuk naik pangkat dari golongan IV/c ke IV/d tidak mengecewakan sulit ya! Namun jangan menyerah, jikalau mau berguru dan berusaha, niscaya bisa. Harus dipersiapkan sedini mungkin, sanggup dimulai dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan keprofesian yang ada, contohnya mengikuti workshop, melaksanakan penelitian, dan mengikuti lembaga ilmiah.

Baca Juga:
Demikian yang sanggup kami bagikan, biar bermanfaat.
Salam Edukasi

Sumber:
Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar, 2016. 

Belum ada Komentar untuk "✔ Bagi Guru Madya Iv/C Naik Pangkat Ke Iv/D Wajib Melakukan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel