✔ Unduh Pola Perangkat Pembelajaran Tematik K13 Sd Kelas 1 S/D 6 Semester 1 Lengkap Gratis

 Kali ini kami akan membuatkan perihal perangkat pembelajaran untuk sekolah dasar ✔ Unduh Contoh Perangkat Pembelajaran Tematik K13 SD Kelas 1 s/d 6 Semester 1 Lengkap Gratis

Hallo sahabat edukasi!
Kali ini kami akan membuatkan perihal perangkat pembelajaran untuk sekolah dasar. Selain mengajar, guru juga harus menciptakan banyak sekali manajemen kelas, diantaranya:
  1. Program Tahunan
  2. Program Semester
  3. Silabus Pembelajaran
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Langkah awal dalam menyusun perangkat pembelajaran, kita harus mempunyai kalender pendidikan. Kalender pendidikan biasanya terbit setiap awal tahun pelajaran. Pada Kalender pendidikan, kita sanggup melihat hari-hari libur, evaluasi tengah semester, evaluasi simpulan semester, dan lainnya. Dengan kalender pendididikan, maka kita akan lebih gampang dalam menyusun aktivitas pembelajaran.Untuk itu, kita sangat pentiung mempunyai Kalender Pendidikan. Berikut kami bagikan link untuk melihat ataupun mengunduh kalender pendidikan 2019/2020 semua Provinsi di Indonesia (unduh).

Setelag mempunyai Kalender Pendidikan, maka kita mulai menciptakan penjaringan Hari Efektif Belajar (HEB). HEB ini berkhasiat saat akan menyusun aktivitas semester. Adapun  misalnya sanggup diunduh pada link berikut.
Contoh Penjaringan Hari Efektif Belajar Berdasarkan Kalender Pendidikan Prov. Bali dan sanggup diubahsuaikan dengan kalender pendidikan masing-masing (unduh).

Selanjutnya, mulai menyusun Program Tahunan. Program tahunan berisikan alokasi waktu yang diharapkan pada setiap mata pelajaran atau tema. Program tahunan berkhasiat bagi guru biar mengetahui cakupan Bab dalam mata pelajaran atau cakupan sub tema dalam suatu tema yang harus dipelajari selama satu tahun. Selanjutnya, kita menciptakan pembagian terstruktur mengenai dari aktivitas tahunan, yaitu aktivitas semester. Sahabat sanggup unduh Prota dan Prosem 1 pada link berikut.
Program Tahunan dan Program Semester 1 (unduh)

Sebelum menyusun perangkat pembelajaran, maka perlu mengetahui Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku. Untuk melihat Kompetensi Inti, kita sanggup membuka Permendikbud No. 37 Tahun 2018 (unduh), yang merupakan perubahan atas permendikbud No. 24 tahun 2016.

Setelah mengetahui KI dan KD, maka selanjutnya kita perlu menciptakan pemetaan KD, biar lebih gampang dalam menciptakan perangkat. Pemetaan KD sanggup dibentuk menurut Pemetaan KD yang ada pada buku guru. Adapun misalnya sanggup diunduh pada link berikut.
Contoh Pemetaan KD 3 dan KD 4 Kelas 1 s/d 6 (unduh)

Langkah selanjutnya yakni menyusun silabus pembelajaran. Silabus sanggup dikembangkan dengan memperhatikan KD, Materi, kondisi siswa dan lingkungannya. Berikut beberapa pola Silabus Pembelajaran kelas 1 s/d 6 semester 1:
Silabus Pembelajaran  Kelas I (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas II (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas III (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas IV (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas V (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Kelas VI (Unduh)

Selanjutnya, kita sanggup menciptakan RPP. RPP dibentuk dengan memperhatikan silabus yang telah disusun. Berikut beberapa pola RPP dari kelas 1 s/d 6 semester 1:
RPP Kelas I (unduh)
RPP Kelas II (unduh)
RPP Kelas III (unduh)
RPP Kelas IV (unduh)
RPP Kelas V (unduh)
RPP Kelas VI (unduh)

Baca Juga: Aplikasi Raport K13 Semester 1

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yakni melaksanakan evaluasi hasil berguru penerima didik. Untuk melaksanakan evaluasi secara benar, maka perlu mempunyai pedoman dan format penilian yang sesuai. Untuk memperoleh daftar nilai yang sesuai sanggup mengunduh pada link berikut!
Pedoman Penilaian dan Format Daftar Nilai (Unduh)

Demikian yang sanggup kami bagikan, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Pola Perangkat Pembelajaran Tematik K13 Sd Kelas 1 S/D 6 Semester 1 Lengkap Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel