✔ Cara Mengatasi Sifat Anak Pemalu Dan Penakut

anak memang memiliki sifat yang bermacam-macam ✔ Cara Mengatasi Sifat Anak  Pemalu dan Penakut

Dunia Edukasi-Anak-anak memang memiliki sifat yang beragam. Ada yang pemberani, suka berbicara, pemalu, penakut, dan sebagainya. Salah satunya yang perlu menerima perhatian lebih dari orang bau tanah adalah sifat anak yang penakut serta pemalu.

Anak-anak dengan sifat penakut dan pemalu akan cenderung melakukan sesuatu sendiri, karena merasa kurang percaya diri atau minder ketika beraktivitas di depan umum atau bersama teman-temannya. Tentu orang bau tanah harus menyadari sifat anak semacam ini dan berusaha membantunya keluar dari zona tersebut. Berikut kami bagikan beberapa cara yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk menghilangkan rasa takut dan aib yang berlebihan dalam diri anak.

1. Menenangkan Anak
Apabila anak sahabat selalu aib dan takut akan suatu hal, sebagai orang bau tanah sebaiknya selalu berikan respon-respon yang bersifat menenangkan. Dengan kebiasaan yang rutin, sifat aib dan takut pada anak sanggup memudar.

2. Ajak Beraktivitas dengan Orang Lain
Anak-anak yang memiliki rasa aib dan takut berlebihan, harus diberikan terapi ringan dengan cara mengajaknya beraktivitas bersama orang lain, baik dewasa maupun usia sebayanya. Semakin sering anak berinteraksi di daerah umum, maka semakin praktis menghilangkan rasa aib dan takutnya. Jadi, anak yang pemalu dan penakut sanggup diberikan sedikit kebebasan untuk bermain, tentunya harus di bawah pengawasan orang tua.

3. Jangan Membicarakan Keburukannya
Membicarakan keburukan anak kepada orang lain, tentu akan membuat rasa semakin minder. Terutama jikalau membicarakan hal tersebut di hadapan si anak. Hal ini sangat tidak disarankan dan harus dihindari. Karena sejak usia balita, anak sudah sanggup memahami topik pembicaraan yang bernada kurang bagus.

4. Berilah Pujian
Karakter anak yang pemalu dan penakut seringkali disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri yang dimilikinya. Untuk membangkitkan hal tersebut, sahabat sanggup senantiasa memperlihatkan pujian, baik tindakan kecil maupun besar. Dengan rutin memperlihatkan perlakuan tersebut, sahabat secara tidak pribadi telah memperlihatkan dorongan yang baik pada anak, sehingga mereka lebih percaya diri dengan tidakan-tindakan yang dilakukannya.

5. Jangan Malu dengan Sikapnya
Jika Sahabat aib dengan sikapnya, serta tidak memperlihatkan dukungan, justru akan membuatnya semakin minder. Daripada harus minder menghadapi sifat anak yang pemalu dan penakut, sebaiknya mencari sisi positifnya. Misalnya di balik sifatnya yang pemalu, anak sahabat memiliki kebiasaan baik contohnya rajin membaca buku, rajin belajar, suka membantu di dapur, dan sebagainya.

6. Sering Memeluk Anak
Cara berikutnya adalah dengan sering-sering memperlihatkan pelukan. Hal ini akan menjalin kekerabatan yang baik pada anak serta membuatnya merasa lebih tenang. Tindakan ini sanggup dilakukan ketika anak sedang menghadapi situasi yang membuatnya kurang nyaman. Menghujani anak dengan pelukan kasih sayang merupakan tindakan paling ampuh untuk menghilangkan ketakutan dan rasa aib dalam dirinya.

Demikianlah 6 cara mengatasi sifat anak yang pemalu dan penakut. Semoga bermanfaat.
Salam edukasi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Mengatasi Sifat Anak Pemalu Dan Penakut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel