✔ Siswa Miskin Tanpa Kip Dapat Daftar Snmptn Sekaligus Kip Kuliah


Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka semenjak 14 Februari hingga 27 Februari 2020. Namun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan memperpanjang masa registrasi SNMPTN hingga simpulan Maret 2020. Kebijakan tersebut diambil untuk memfasilitasi calon mahasiswa dari keluarga tidak bisa yang tidak mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) semoga bisa mendaftar untuk KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah gres akan dibuka pada awal Maret 2020.

Bagi calon mahasiswa yang belum mempunyai KIP Pelajar (SMA atau SMK) dan membutuhkan derma KIP Kuliah, tetap bisa mendaftar SNMPTN. Mereka bisa menentukan untuk mendaftar SNMPTN terlebih dahulu atau mendaftar untuk KIP Kuliah terlebih dahulu.

Calon mahasiswa yang tidak membutuhkan derma KIP Kuliah dan ingin mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN sanggup melaksanakan registrasi hingga 27 Februari 2020, dan harus eksklusif finalisasi. Bagi calon mahasiswa yang sudah mempunyai KIP Pelajar tetap bisa melaksanakan registrasi SNMPTN sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari hingga 27 Februari 2020, namun bisa menentukan dua opsi waktu untuk finalisasi.

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan, calon mahasiswa tanpa KIP Pelajar bisa mendaftar SNMPTN hingga finalisasi terlebih dahulu, gres mendaftar KIP Kuliah. Atau bisa juga sebaliknya, yakni menunggu hingga Maret untuk mendaftar KIP dahulu, gres finalisasi registrasi SNMPTN.

"Silakan saja. Boleh daftar dan finalisasi sekarang. Nanti kalo KIP-nya sudah sanggup tinggal ngelaporin. Daftar nanti nunggu KIP keluar juga bisa. Dua-duanya bisa dipilih," ujar Nasih di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Ia mengimbau peserta SNMPTN semoga tidak perlu khawatir alasannya ialah akan ada perpanjangan waktu untuk registrasi SNMPTN. "Tidak perlu khawatir. Yang belum daftar (SNMPTN) hingga dengan 27 Februari akan kita kasih kesempatan untuk daftar hingga simpulan Maret," tutur Nasih.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id/ . Pendaftar akan diminta untuk pendaftar mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi tinggi negeri, dan pilihan kegiatan studi, serta mengunggah dokumen prestasi komplemen (jika ada). Langkah terakhir ialah finalisasi. Jika sudah finalisasi, peserta dianggap telah selesai mendaftar, sehingga harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sambil menunggu sistem registrasi KIP Kuliah dibuka, siswa sanggup melaksanakan registrasi terlebih dahulu di portal atau sistem seleksi nasional menyerupai SNMPTN. Proses sinkronisasi dengan sistem seleksi tersebut akan dilakukan kemudian dengan sketsa host-to-host. Bagi calon peserta KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di PTN, sanggup dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa peserta KIP Kuliah. Informasi mengenai registrasi dan persyaratan KIP Kuliah bisa diakses di laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ . 

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "✔ Siswa Miskin Tanpa Kip Dapat Daftar Snmptn Sekaligus Kip Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel