✔ Rpp Pai Kelas 6 K13 Revisi 2018 Semester 1 Dan 2

 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ialah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk sa ✔ RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ialah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ampu dalam hal ini Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) , semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Membantu Bapak dan Ibu yang mengampu pada mapel tersebut dijenjang SD MI, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file RPP untuk Kelas 6 . RPP yang dibagikan merupakan file Kurikulum 2013 yang Admin siapkan untuk tahun pemikiran gres 2018-2019. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang tersaji dibentuk tentunya menurut ketentuan Permendikbud. RPP revisi 2018 ini diperlukan sanggup membantu Anda dalam pembelajaran K13.

Selengkapnya mengenai RPP tersebut lengkap dengan format dan filenya sanggup Anda download pada link dibawah ini untuk Kelas VI  :

Format RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran versi 2017, 2018 Pendidikan Agama Islam (Permendikbud No.22/2016)

Komponen nya terdiri atas:
  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran semoga akseptor didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
  11. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Prinsip Penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual akseptor didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.
  2. Partisipasi aktif akseptor didik.
  3. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan kegiatan santunan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran :   1
Tema :   Indahnya Saling Menghormati
Subtema :   Membaca Surah Q.S. al-Kāfrūn
Kelas/Semester : VI/1
AlokasiWaktu :    4 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai pemikiran agama yang dianutnya.
KI-2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan kawasan bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1  Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tart³l. 
1.5  Terbiasa bederma sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.  al-Mā’idah/5:2.
4.1  Membaca Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2 dengan terperinci dan benar.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Siswa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2. Siswa bisa mengimplementasikan pemahaman isi kandungan  Q.S. al-Kāfirūn  dan  al-Mā’idah/5:2.
3. Siswa bisa membaca Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2.


D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
Dapat membaca Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2 dengan terperinci dan benar.
Dapat menulis Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2 dengan benar.

E. Materi Pembelajaran
Bacaan dan  lafal Q.S. al-Kāfirūn  

Selengkapnya mengenai RPP PAI dan Budi Pekerti tersebut pada link dibawah ini.
LINK DOWNLOAD :
RPP Tematik PAI dan BP Kelas 6 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 1 Membaca Q.S Al Kafirun.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 2 Makna Hari Kiamat.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 3 Nama-Nama Allah.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 4 Zakat.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 5 Kejujuran.doc, Unduh

RPP Tematik PAI dan BP Kelas 6 SD/MI Semester 2 K13 Revisi 2018
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 6 Indahnya Saling Membantu.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 7 Memahami Qoda Dan Qodar.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 8 Senangnya Berakhlak Terpuji.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 9 Ayo Berinfaq.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 10 Kisah Teladan Para Nabi.doc, Unduh
Demikian yang sanggup Admin bagikan, semoga RPP pada jenjang SD MI ini sanggup menawarkan manfaat dalam pembelajaran Kurikulum 2013 yang Bapak dan Ibu laksanakan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp Pai Kelas 6 K13 Revisi 2018 Semester 1 Dan 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel