✔ Cara Gampang Beternak Burung Kenari Sistem Koloni

Cara Praktis Beternak Burung Kenari Sistem Koloni -- Kenari merupakan burung yang banyak di minati oleh para kicau mania. Karena burung yang satu ini di pelihara sebagai burung masteran dan ada juga sebagai burung lomba. Memang burung kenari ini sangatlah gampang untuk dikembang biakkkan bahkan dengan cara koloni ataupun dengan cara satu sangkar 1 indukan.

Dengan sistem koloni ini ada kelemahannya dan ada juga kelebihannya. Untuk itu aku akan membahas Cara Praktis Beternak Burung Kenari Sistem Koloni.


Sistem koloni merupakan sistem yang dalam satu sangkar ada beberapa ekor burung kenari. Dalam satu sangkar ini kalian sanggup memberi 1 ekor jantan denagn 4 - 10 ekor betina tergantung besar kecilnya kandang. Jika sangkar dengan ukuran 1 meter x 1/2 meter anda sanggup memberi burung kenari 1 jantan dan 4 betina saja.

Namun jikalau sangkar besar atau bekas sangkar ternak burung lovebird yang berukuran beberapa meter anda sanggup memasukkan burung kenari baik jantan maupun betina beberapa ekor didalamnya. Dalam sistem koloni harus ekstra diawasi alasannya ialah dalam sitem ini ada kekurangan dan ada kelebihan. Apa saja kekurangan dan kelebihannya ternak burung kenari sistem koloni?

Cara Praktis Beternak Burung Kenari Sistem Koloni

Kekurangan dari ternak burung kenari sistem koloni :

1. Dari beberapa ekor betina dalam satu sarang terkadang ditempati oleh beberapa ekor indukan kenari
2. Intesitas telur menetas kurang. Maksudnya dalam 5 butir telur yang menetas cuma 1 butir saja dan terkadang dari kelima telur itu tidak ada satupun yang menetas
3. Kita tidak sering menjemur burung atau burung kekurangan sinar matahari
4. Pembuahan dari sang jantan kurang sempurna

Kelebihan dari ternak burung kenari sistem koloni :

1. Ngirit daerah dan sangkar
2. Cara beri makan pun relatif cepat dan mudah
3. Tidak perlu mengawinkan burung kenari satu persatu
4. Dalam satu sangkar sanggup diisi beberapa ekor burung kenari

Nah, itu kekurangan dan kelebihan dalam beternak burung kenari sistem koloni. Setealh kita mengetahui kekurang dan kelebihannya mari kita persiapkan dalam beternak burung kenari sistem koloni. Apa saja persipan dan kebutuhan yang kita perlukan simak klarifikasi berikut ini:

1. Sangkar

Yang pertama kita siapkan yaitu sangkar. Sangkar sendiri kita sanggup memakai sangkar yang berukuran 1 meter x 1/2 meter yang sanggup diisi dengan 4 ekor burung kenari betina dan 1 ekor kenari jantan.

2. Sarang

Stelah menyiapkan sangkar untuk sistem koloni dalam sangkar siapkan pula sarangnya. Jika terdapat 4 indukan kenari betina maka siapkan paling sedikit 4 daerah sarang. Tempatkan sarang tidak berdekatan satu sama lainnya. Untuk saran saja tenpatkan sarang pada setiap pojok sangkar ternak.

3. Indukan burung kenari

Selanjutnya yakni menyiapkan indukan kenari yang akan kita buat ternak. Jika sangkar dan sarang sudah siap tapi indukan burung kenari tidak ada yang akan kita ternak apa coba? hehehehe (bercanda bentar).

Pilih indukan kenari yang manis mulai dari keturunan ataupun cara mengeramnya yang sudah berumur lebih dari 6 bulan. Pilih kenari jantan yang sudah berumur lebih dari 8 bulan atau yang sudah gacor.

4. Pakan

Siapkan pula pakan yang berupa biji-bijian yang berkualitas baik serta berikan sayuran dan juga telur sebagai makanan tambahan. Pakan kalau sanggup setiap hari diganti dengan yang baru. Sayuran yang sanggup diberikan ialah sawi hijau, sawi putih, kangkung, dan gambas. Telur yang diberikan sebagai pakan yang sudah direbus dan dari telur ayam ataupun telur puyuh sebagai penambah protein burung kenari.

Demikianlah isu wacana Beternak Burung Kenari Sistem Koloni yang sanggup aku sampaikan. Semoga isu ini bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam beternak burung kenari.

Sekian dan terima kasih sudah mampir ke blog ini. Salam sukses selalu bagi kicau mania dimanapun berada.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Gampang Beternak Burung Kenari Sistem Koloni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel