✔ Download Rpp Kelas Iv Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap

 RPP yaitu kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru ✔ Download RPP Kelas IV  Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap
- RPP kelas IV k-13 rev 2018 lengkap

Gurune.net - RPP yaitu kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kali ini gurune akan memperlihatkan tautan download gratis RPP kelas IV kurikulum 2013 yang telah direvisi tahun 2018. Silahkan sahabat download dan tentunya di edit sesuai kebutuhan sobat, kalau ada yang salah silahkan sahabat perbaiki sendiri. 

File besar silahkan sahabat menuju ketempat yang memiliki koneksi bagus.

File RPP kelas 4 terdiri dari 9 Tema yang gurune kumpulkan menjadi satu file download 

Download RPP Kelas 4 K-13, Rev 2018 Lengkap -

DOWNLOAD 

DOWNLOAD LENGKAP RPP KELAS 1-6

Adapun Penjelasan Tentang Revisi RPP terbaru yaitu sebagi berikut :


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Perbaikan atau revisinya yaitu :
  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  • Mengintegrasikan literasi;
  • Mengintegrasikan keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan aneka macam acara dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah dilaksanakan hingga sekarang.
Pengintegrasian sanggup berupa :
  • a. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • b. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • c.  pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan ekspansi sanggup berupa:
  • a) penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan huruf siswa,
  • b) penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • c) penyelerasan sanggup berupa pembiasaan kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui aneka macam kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menyebabkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan kurun 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang bergotong-royong ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, kurun di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kurun 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan acara yang rencananya akan diubahsuaikan dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Rpp Kelas Iv Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel