✔ Sistem Pencernaan Pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup yaitu memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem kompleks yang terdapat dalam badan kita. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan manusia? Tanpa kita sadari dan tanpa harus diperintah, sistem pencernaan bekerja dengan sendirinya. Menakjubkan, bukan? 

perhatikan sistem pencernaan pada insan menyerupai pada gambar di bawah ini.



Sistem pencernaan pada badan insan berfungsi untuk menghancurkan kuliner yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk berangasan sanggup bermetamorfosis bentuk yang lebih halus dengan pemberian gigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan sanggup mempermudah proses perembesan sari makanan. 

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa kuliner yang sudah tidak diharapkan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut sanggup menjadi racun bagi badan insan kalau tidak dikeluarkan.

Berikut ini yaitu proses pencernaan kuliner pada manusia. 

  • Proses memasukkan kuliner ke mulut.   
  • Proses mengunyah kuliner dengan memakai gigi.
  • Proses menelan kuliner di kerongkongan. 
  • Proses pemecahan kuliner dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sederhana dengan pemberian enzim yang ada di lambung. 
  • Proses perembesan sari-sari kuliner yang terjadi di usus halus. 
  • Proses pengeluaran sisa-sisa kuliner yang sudah tidak diharapkan oleh badan melalui organ anus.

Berdasarkan  gambar sistem pencernaan pada manusia, coba kau buat diagram alur perjalanan kuliner dari rongga ekspresi sampai keluar melalui anus pada kolom berikut.

Salah satu ciri makhluk hidup yaitu memerlukan kuliner ✔ Sistem Pencernaan Pada Manusia
diagram sistem pencernaan manusia


Belum ada Komentar untuk "✔ Sistem Pencernaan Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel