✔ Imbas Acara Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi mencakup kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi 

Apa itu produksi? Amatilah kegiatan ekonomi perajin gerabah! Seorang perajin akan mencari tanah liat sebagai materi baku. Tanah liat ini diolah menjadi banyak sekali bentuk, contohnya gerabah. Gerabah yang sudah dibentuk akan dijemur lalu dibakar. Proses akhir, gerabah tersebut diwarnai lalu dijual kepada konsumen. Dari ilustrasi tersebut sanggup dikatakan seorang perajin telah melaksanakan kegiatan produksi. Jadi, produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Orang yang melaksanakan kegiatan produksi disebut produsen. Coba kau berikan pola kegiatan produksi yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu.


Kegiatan produksi besar lengan berkuasa terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa.  Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, ataupun gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi sanggup memenuhi kebutuhan hidup secara memuaskan. Sementara itu, bagi produsen adanya proses produksi menyebabkan  produsen   memperoleh keuntungan. Selanjutnya, laba tersebut dipakai untuk menjaga kelangsungan perjuangan dan memenuhi kebutuhan  hidup.  Ini dilakukan dalam upaya mencapai kesejahteraan hidup. 


2. Distribusi




Setiap hari kau makan dan memakai pakaian. Bahan masakan tersebut dihasilkan di suatu kawasan tertentu. Pakaian juga diproduksi di kawasan tertentu. Untuk mendatangkan materi masakan dan pakaian diharapkan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi. Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melaksanakan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan kanal yang memadai. Tujuannya semoga hasil produksi sanggup segera hingga konsumen dengan cepat dan tepat. 

3. Konsumsi

Perhatikan acara sobat sekolah dikala waktu istirahat! Ada yang jajan di kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi. Tidak hanya menghabiskan barang, kegiatan yang sanggup mengurangi nilai guna barang juga termasuk kegiatan konsumsi. Misalnya, kau mengenakan seragam dan sepatu dikala sekolah. 
  

Konsumsi diartikan kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Orang yang melaksanakan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan sanggup berupa uang atau waktu. Dengan mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat berusaha memperoleh kepuasan optimal. Ini dilakukan untuk mencapai taraf hidup sejahtera.

Kamu telah mengetahui kegiatan ekonomi masyarakat. Diskusikan balasan pertanyaan-pertanyaan berikut. 

1. Menurutmu, apa efek kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat? 

Lancarnya kegiatan ekonomi ( produksi, distribusi dan konsumsi ) sanggup mempengaruhi kesejahteraan masyarakat antara lain : 
Meningkatnya pendapatan masyarakat di bidang produksiMembuka peluang lapangan pekerjaan gres di masyarakatMunculnya perjuangan jasa pengirimanMudahnya masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya
2. Apakah kegiatan ekonomi sanggup berdampak kasatmata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat? Bagaimana penjelasanmu?

Kegiatan ekonomi terperinci akan berdampak kasatmata pada kesejahteraan masyarakat. Sebab jikalau rangkaian kegiatan tersebut terkendala maka akan terputus siklus kegiatan ekonomi di masyarakat. Peluang meningkatnya lapangan pekerjaan di bidang produksi akan meningkat sehingga pendapatan masyarakat pun akan meningkat, dengan banyaknya barang - barang produksi maka akan membuka peluang perjuangan dibidang distribusi , dan memudahkan masyarakat mendapat barang - barang yang di inginkan dengan mudah. Sehingga pemenuhan barang konsumsi gampang didapat, dengan mudahnya mendapat barang - barang produksi maka masyarakat akan lebih sejahtera.

Belum ada Komentar untuk "✔ Imbas Acara Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel