✔ Teladan Perangkat Pembelajaran K13 Matematika Kelas 4 S/D 6 Lengkap

 Kali ini kami akan membuatkan wacana perangkat pembelajaran Matematika untuk sekolah dasar ✔ Contoh Perangkat Pembelajaran K13 Matematika Kelas 4 s/d 6 Lengkap

Hallo sahabat edukasi!
Kali ini kami akan membuatkan wacana perangkat pembelajaran Matematika untuk sekolah dasar. Pada awalnya, Matematika diajarkan secara tematik terpadu, namun dalam perkembangannya Matematikan diajarkan secara tersendiri. Untuk itu, guru harus menyiapkan perangkat pembelajarannya secara tersendiri. Adapun yang harus disiapkan diantaranya:
  1. Program Tahunan
  2. Program Semester
  3. Silabus Pembelajaran
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Langkah awal dalam menyusun perangkat pembelajaran yakni mempunyai kalender pendidikan. Kalender pendidikan biasanya terbit setiap awal tahun pelajaran. Pada Kalender pendidikan, kita sanggup melihat hari-hari libur, evaluasi tengah semester, evaluasi tamat semester, dan lainnya. Dengan kalender pendididikan, maka kita akan lebih gampang dalam menyusun jadwal pembelajaran. Untuk itu, kita sangat penting mempunyai Kalender Pendidikan. Berikut kami bagikan link untuk melihat ataupun mengunduh kalender pendidikan 2019/2020 semua Provinsi di Indonesia (unduh).

Setelah mempunyai Kalender Pendidikan, maka kita mulai menciptakan penjaringan Hari Efektif Belajar (HEB). HEB ini berkhasiat saat akan menyusun jadwal semester. Adapun  misalnya sanggup diunduh pada link berikut.
Contoh Penjaringan Hari Efektif Belajar Berdasarkan Kalender Pendidikan Prov. Bali dan sanggup diadaptasi dengan kalender pendidikan masing-masing (unduh).

Selanjutnya, mulai menyusun Program Tahunan. Program tahunan berisikan alokasi waktu yang dibutuhkan pada setiap mata pelajaran. Program tahunan berkhasiat bagi guru semoga mengetahui cakupan Bab dalam mata pelajaran yang harus dipelajari selama satu tahun. Selanjutnya, kita menciptakan pembagian terstruktur mengenai dari jadwal tahunan, yaitu jadwal semester. Sahabat sanggup unduh Prota dan Prosem Matematika semester 1 pada link berikut.
Prota matematika Kelas 4  (unduh)
Prota matematika Kelas 5  (unduh)
Prota matematika Kelas 6 (unduh)
Prosem 1 Matematika Kelas 4 (unduh)
Prosem 1 Matematika Kelas 5 (unduh)
Prosem 1 Matematika Kelas 6 (unduh)

Sebelum menyusun perangkat pembelajaran, maka perlu mengetahui Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar yang berlaku. Untuk melihat Kompetensi Inti, kita sanggup membuka Permendikbud No. 37 Tahun 2018 (unduh), yang merupakan perubahan atas permendikbud No. 24 tahun 2016.

Langkah selanjutnya yakni menyusun silabus pembelajaran. Silabus sanggup dikembangkan dengan memperhatikan KD, Materi, kondisi siswa dan lingkungannya. Berikut beberapa teladan Silabus Pembelajaran Matematika kelas 4 s/d 6 semester 1:
Silabus Pembelajaran  Matematika Kelas IV (Unduh)
Silabus Pembelajaran  Matematika Kelas V (Unduh)
Silabus Pembelajaran Matematika  Kelas VI (Unduh)

Selanjutnya, kita sanggup menciptakan RPP. RPP dibentuk dengan memperhatikan silabus yang telah disusun. Berikut beberapa teladan RPP Matematika dari kelas 4 s/d 6 semester 1:
RPP Kelas IV (unduh)
RPP Kelas V (unduh)
RPP Kelas VI (unduh)

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yakni melaksanakan evaluasi hasil berguru penerima didik. Untuk melaksanakan evaluasi secara benar, maka perlu mempunyai pedoman dan format evaluasi yang sesuai. Untuk memperoleh daftar nilai yang sesuai sanggup mengunduh pada link berikut!
Pedoman Penilaian dan Format Daftar Nilai (Unduh)

Demikian yang sanggup kami bagikan, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "✔ Teladan Perangkat Pembelajaran K13 Matematika Kelas 4 S/D 6 Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel