✔ Buku Penguatan Pembelajaran Nilai Dan Watak Pancasila


Pendidikan di Indonesia seharusnya menghasilkan sumber daya insan (SDM) yang berkarakter Pancasila. Namun demikian, menurut hasil kajian mengatakan kurangnya penginternalisasian nilai-nilai dan tabiat Pancasila. Hal ini berdampak pada munculya sikap menyimpang pada perkembangan diri penerima didik. Gejala sikap ini tampak pada banyak sekali sikap di hampir setiap satuan pendidikan maupun di masyarakat. Untuk sanggup menyiapkan sumber daya insan yang berkarakter Pancasila, diharapkan perubahan, penyempurnaan, dan penataan di satuan pendidikan secara signifikan. Oleh alasannya ialah itu perlu dilakukan perubahan dalam kebijakan administrasi sekolah yang berorientasi pada proses perencanaan visi, misi, dan tujuan pendidikan tabiat Pancasila melalui segala aspek kegiatan pembelajaran di sekolah.

Sehubungan dengan hal itu, Pemerintah melalui Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, dan Kementerian Agama berupaya menguatkan nilai dan tabiat Pancasila pada proses pembelajaran. Penguatan tersebut ditujukan kepada stakeholder pendidikan dan penerima didik mulai dari pendidikan usia dini hingga dengan pendidikan menengah.

Muatan nilai dan tabiat Pancasila akan diinternalisasikan melalui banyak sekali kegiatan pembelajaran, baik secara eksklusif maupun tidak langsung. Proses internalisasi tersebut dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler.

Naskah ini berisikan antara lain arah, tujuan, prosedur, dan indikator keberhasilan penguatan pembelajaran nilai dan tabiat Pancasila. Kami berharap naskah ini sanggup menjadi acuan bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam rangka menghasilkan insan Indonesia yang berkarakter Pancasila.
Tujuan Umum
Penguatan nilai tabiat Pancasila secara umum bertujuan untuk melaksanakan gerakan penguatan pembinaan, pemahaman, penanaman, dan pengamalan nilainilai tabiat Pancasila melalui pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pendidikan Luar Biasa.

Tujuan Khusus
a. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, pembiasaan, penciptaan suasana dan apresiasi serta peneladanan dalam rangka penguatan pembelajaran nilai dan tabiat Pancasila penerima didik pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pendidikan Luar Biasa;
b. Menguatkan integrasi nilai tabiat Pancasila pada mata pelajaran/muatan di Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pendidikan Luar Biasa;
c. Meningkatkan pengamalan nilai tabiat Pancasila penerima didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat;
d. Memberikan pola keteladanan yang menurut nilai tabiat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari;
e. memudahkan dalam menginternalisasikan nilai-nilai tabiat Pancasila dalam kegiatan belajar, menyerupai intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya lingkungan sekolah;
f. Menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan Pendidikan yang aman menurut nilai tabiat Pancasila.
Selengkapnya mengenai Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila download disini

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Bersikap dan berperilaku sesuai nilai tabiat Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari tidak sekadar goresan pena dan perkataan.

Menanamkan nilai tabiat Pancasila semenjak dini di lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakat dengan fondasi ajaran
agama.

Pendidikan nilai tabiat Pancasila merupakan tanggung jawab
negara, masyarakat, sekolah, dan keluarga.

@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Penguatan Pembelajaran Nilai Dan Watak Pancasila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel